Pedoman Mentoring Mahasiswa Berbasis Masjid

pedoman mentoring berbasis masjid

Perguruan Tinggi memiliki tanggungjawab moral untuk menyiapkan kepemimpinan masa depan bangsa dengan mengembangan kesadaran politis dalam jalur akademik disertai semangat intelektual: kritis dan aktivis; mengembangkan kesadaran kemajemukan dan sikap toleransi untuk hidup bersama sebagai warga negara; dan mengembangkan pemahaman keagamaan yang moderat di antara dua pemahaman ekstrim, liberalisme dan radikalisme. Dalam hal ini, Masjid Kampus memiliki kedudukan dan peran strategis dalam mengembangkan pemahaman keagamaan mahasiswa dengan wawasan Islam rahmatan lil ‘alamin.

Kontribusi Masjid Kampus dilakukan dengan memposisikan diri sebagai wadah berhimpun seluruh sivitas akademika dari berbagai madzhab pemikiran keagamaan. Masjid tidak bisa dan tidak boleh partisan. Masjid Kampus sebagai laboratorium sosial menampilkan mozaik Islam yang warna-warni. Dengan demikian, Masjid Kampus menjadi perekat sosial. sekaligus lokomitif gerakan dakwah yang mampu menghimpun seluruh potensi, kekuatan, sumberdaya, dan jaringan yang dimiliki umat untuk kemaslahatan masyarakat, bangsa, negara, dan umat Islam di mana pun tinggal.

Dalam konteks pembelajaran, Masjid Kampus berfungsi sebagai laboratorium Pendidikan Agama Islam (PAI) yang menyajikan wawasan Islam secara inklusif, dan tidak sekterian. Wawasan Islam itu disajikan langsung dari sumber ajaran, yakni Al-Qur’an dan hadits serta sejarah perjalanan hidup Nabi Muhammad SAW. Program ini dikemas dalam Kegiatan Mentoring Mahasiswa sebagai Implementasi Kebijakan Pendidikan Karakter Berbasis Masjid.

Buku Pandauan Mentoring

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s