Kampus Nusantara Mengaji

Salah satu masalah serius yang terjadi di kalangan mahasiswa adalah tindakan anarkhis atau aksi kekerasan. Baru-baru ini 3 mahasiswa meninggal dalam acara Diksar dan mahasiswa dari salah satu PTN di Makassar kembali tawuran. Kekerasan yang melibatkan mahasiswa di sejumlah perguruan tinggi sungguh sangat memprihatinkan. Berbagai upaya dilakukan untuk mengatasi masalah ini, antara lain menggalakkan berbagai kegiatan lomba, kontes, kompetisi olahraga dan seni dan aktivitas ilmiah.

Salah satu kegiatan yang relative baru adalah kegiatan dalam bidang keagamaan yaitu Gerakan Kampus Nusantara Mengaji yang diluncurkan Menristekdikti M Nasir di Universitas Sebelas Maret, di Solo, pada hari Jumat tanggal 10 Maret 2017 malam. Peluncuran ini sekaligus menandai deklarasi gerakan serupa di 40 kampus negeri seluruh Indonesia. Menristekdikti, M Nasir menjelaskan Nusantara Mengaji adalah kegiatan yang sudah dilakukan secara rutin sejak 2016.

Hadir dalam kegiatan yang dirangkai dalam rangka Dies Natalis UNS Ke-41 itu, sejumlah tokoh nasional antara lain mantan ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD, mantan mendikbud Muhammad Nuh, dan Rektor UNS Prof Ravik Karsidi.

M. Nuh mengungkapkan bahwa ide dasar Kampus Nusantara Mengaji adalah untuk memberikan penghargaan kepada anak-anak yang hafal Alquran. Jika selama ini prestasi selama ini diukur oleh olimpiade-olimpiade, mengapa pihak terkait tidak mengakui prestasi menghafal Alquran. “Menghafal Alquran lebih dari prestasi yang sangat luar biasa. Memang tidak mudah memuliakan orang yang mulia,” katanya.

Dalam kesempatan yang sama Mahfud MD menambahkan bahwa mahasiswa sebaiknya tidak hanya mengembangkan aspek rasional saja, tapi juga harus mengasah keimanan dan spiritual.

uns mengaji2017

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s